Cara Investasi Reksadana yang Menguntungkan

Cara Investasi Reksadana yang Menguntungkan
Banyak dari kita yang tidak paham bagaimana cara untuk berinvestasi. Butuh pengalaman dan pemahaman tentang seluk beluk investasi tersebut. Lalu apakah orang biasa tidak bisa melakukan investasi? Jawabannya bisa. Kini dengan adanya reksadana, investasi Anda inginkan dapat dikelola oleh manajer investasi. Berikut penjelasan tentan reksadana dan Cara Investasi Reksadana yang menguntungkan.

Apa itu Reksadana? Reksadana adalah kumpulan dana masyarakat (investor) yang dikelola oleh manajer investasi ke dalam portfolio investasi yang dapat berbentuk saham, obligasi, atau instrumen investasi lain. Sebagai imbalan dari jasa manajer investasi tersebut, manajer akan menerima dividen yang dibukukan ke "Nilai Aktiva Bersih" atau NAB reksadana tersebut.

 Cara Kerja Reksadana secara garis besar cara kerja reksadana adalah sebagai berikut:


  1. Nasabah membeli Unit Penyertaan dari manajer investasi.
  2. Nasabah menerima Unit Penyertaan sesuai dengan harga NAB/Unit Penyertaan.
  3. Total dana yang dihimpuni manajer investasi diinvestasikan ke sejumlah instrumen sesuai kesepakatan nasabah.
  4. Nasabah menerima laporan tentang kinerja reksadana, komposisi aset, portfolio efek, dan perubahan harga NAB/Unit Penyertaan dari manajer investasi secara berkala.
  5. Saat nasabah merasa harga NAB/Unit Penyertaan memberikan laba yang memuaskan maka nasabah dapat menjual Unit Penyertaan ke manajer investasi.

Setelah mengetahui informasi seputar reksadana dan cara kerjanya, langkah berikutnya adalah yang terpenting yakni cara investasi reksadana agar menguntungkan. 

1. Tentukan Tujuan Investasi Reksadana Tujuan anda akan mempengaruhi jangka waktu dan jenis reksadana yang sesuai untuk anda. 

2. Tentukan Jangka waktu reksadana Reksadana memiliki jangka waktu yang berbeda-beda tergantung jenis produknya. Jika anda ingin jangka waktu kurang dari satu tahun maka reksadana pasar uang adalah pilihan tepat, jika anda ingin reksadana jangka panjang, maka anda dapat memilih reksadana saham. 

3. Kenali Jenis Reksadana. Ada banyak pilihan reksadana yang tersedia di pasarannya, diantaranya adalah reksadana pasar uang, pendapatan tetap, campuran, saham, index, dollar, syariah, terproteksi dan penyertaan terbatas. Namun reksadana yang paling popular adalah reksadana berikut:


  • Reksadana Pasar uang 

Reksadana ini menginvestasikan 80% dananya pada efek pasar uang yang berjangka kurang satu tahun seperti deposito, SBI (Sertifikat Bank Indonesia). Reksadana ini memiliki resiko terendah dibandingkan produk lainnya, dan memiliki keuntungan yang tidak tinggi juga.

  • Reksadana Pendapatan Tetap

Reksadana ini melakukan investasi 80% dari portfolionya di efek bersifat utang seperti obligasi. Dengan demikian resikonya lebih tinggi dari reksadana pasar uang, begitu juga untuk labanya. Tetapi tidak setinggi reksadana campuran ataupun saham.

  • Reksadana campuran

Reksadana ini menanamkan investasi ke dalam efek ekuitas dan efek utang seperti saham, obligasi dan deposito. Jadi reksadana ini memiliki keuntungan dan resiko lebih besar dari reksadana pendapatan tetap tetapi lebih kecil dari reksadana saham.

  • Reksadana saham

Sesuai dengan namanya 80% dari portfolionya akan diinvestasikan ke efek bersifat ekuitas atau saham. Saham umumnya berpotensi tertinggi dalam laba dan memiliki resiko yang tertinggi juga.

4. Pastikan Reksadana Memiliki Izin Pastikan anda memilih manajer investasi yang memiliki izin legal dari Otoritas Jasa Keuangan untuk menghindari penipuan. 

5. Baca Prospektus Reksadana Prospektus dapat dikatakan sebagai buku manual untuk berinvestasi di reksadana. Segala macam informasi yang Anda butuhkan tentang reksadana ada di sini, mulai dari perizinan, manajer investasi, kebijakan investasi, biaya-biaya investasi, hingga tata cara pembelian dan penjualan reksadana, jadi jangan lewatkan 

6. Pilih Reksadana secara bijak Analisalah data dari performa manajer tersebut dari beberapa periode yang lalu dengan data yang tersedia di website mereka.Jika dalam waktu beberapa periode sebelumnya manajer investasi tersebut mampu memberikan laba yang memastikan, Anda dapat memilih manajer tersebut. 

Demikian tentang cara investasi reksadana terbaik, untuk selengkapnya dapat anda baca di Cara Investasi Reksadana yang Menguntungkan.