Cara Menyimpan Kue Kering Lebaran Supaya Tahan Lama

Cara Menyimpan Kue Kering Lebaran Supaya Tahan Lama

Ada nggak sih sajian yang tidak boleh terlewatkan saat Idul Fitri? Tentunya ada dong, yaitu kue kering lebaran. Namun seperti yang diketahui bahwa salah satu problema paling utama dari jenis kue satu ini adalah sifatnya yang tidak tahan lama. Padahal terkadang Anda membeli atau membuat kue ini jauh-jauh hari. Tenang saja, berikut ada beberapa langkah menyimpannya.

1. Pastikan Kue Kering Terlebih Dulu sebelum Disimpan 

Sekarang ini, demi bisa menghemat pengeluaran maka banyak orang yang lebih memilih untuk membuat kue kering sendiri daripada harus membelinya. Namun apabila Anda memang tertarik untuk membuatnya sendiri maka ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Salah satu yang tidak boleh terlewatkan adalah proses menyimpan kue keringnya secara benar agar bisa tahan lama.

Kesalahan banyak orang selama ini adalah dengan langsung memasukan kue kering yang baru saja jadi ke dalam toples. Biasanya banyak orang melakukan hal ini karena dianggap lebih mampu rasa dari kue ini. Padahal dengan melakukan hal ini hanya akan membuat ketahanan dari kue kering tersebut akan cepat menurun dan juga akan merusaknya dalam waktu lebih cepat.

2. Simpan Kue Sesuai dengan Jenisnya 

Kesalahan yang satu ini paling sering diabaikan oleh banyak orang yaitu menganggap bahwa semua jenis kue kering itu sama saja. Anggapan tersebutlah yang kemudian membuat banyak orang lantas memasukan berbagai jenis kue kering ke dalam toples secara sembarangan. Padahal dengan melakukan hal tersebutlah yang kemudian membuat kue menjadi tidak bisa tahan lama.

Solusinya adalah Anda harus menyimpan kue kering ini sesuai dengan jenisnya. Contoh sederhananya adalah untuk kue kering yang memiliki tekstur lebh seperti nastar hingga kue kacang sebaiknya dalam toples tidak terlalu tinggi. Soalnya dengan melakukan hal ini maka Anda bisa mencegah terjadinya kerusakan dari kue kering yang tergolong lebih lembut itu.

3. Pastikan Wadah Penyimpannya Sudah Bersih 

Langkah berikutnya dari menyimpan kue lebaran supaya lebih tahan lama adalah pastikan bahwa wadah penyimpannya sudah bersih. Jangan sampai Anda menggunakan wadah yang ternyata lembab apalagi kotor. Soalnya hal tersebut akan sangat mempengaruhi ketahanan dari kue kering itu sendiri. Jadi memastikan wadah penyimpanan yang bersih adalah hal mutlak.

Tidak ada salahnya untuk membersihkan maupun mencuci wadah tersebut sebelum nantinya digunakan. Hanya saja pastikan bahwa sisa sabun dari proses mencuci toples memang sudah benar-benar hilang. Selain itu, pastikan juga bahwa Anda mengelap toples tersebut sampai benar-benar kering. Hal ini sekali lagi penting untuk menjaga ketahanan dan keawetan dari kue itu.

4. Berikan Lapisan Kertas 

Lapisan kertas ini nantinya akan sangat berguna untuk membuat kue kering tersebut tidak saling menempel satu sama lain. Soalnya apabila kue tersebut saling menempel maka risiko terjadinya kerusakan semakin tinggi. Sesuatu yang pastinya akan membuat kue kering tersebut tidak bisa menjadi tahan lama. Hal tersebut tidak akan sampai terjadi apabila menggunakan lapisan kertas.

5. Simpan dalam Ruangan yang Sejuk 

Ternyata ketahanan dari kue kering ini juga sangat berpengaruh terhadap udara dari lokasi tempat penyimpanan. Jadi penting sekali bagi Anda untuk memperhatikan sekaligus menyimpan toples yang sudah berisi kue kering tersebut di ruangan yang sejuk. Hal ini berguna untuk membuat kue yang tersimpan di dalam toples bisa lebih tahan lama.

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda tidak perlu bingung lagi apabila ingin menyimpan kue kering lebaran secara lebih tahan lama. Trik ini berguna supaya nantinya Anda bisa lebih berhemat dan tidak perlu terus-terus membeli kue kering untuk momen lebaran.